Instalasi Teknologi dan Komunikasi

Seiring dengan visi RSSA menjadi kelas dunia pilihan masyarakat, RSSA  memiliki salah   satu   sasaran   strategis  untuk   mengembangkan   teknologi,  informasi,  maupun komunikasi sebagai penunjang pelayanan melalui Instalasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (ITIKOM). ITIKOM mengembangkan :

Hardware (Perangkat Keras)

ITIKOM menangani seluruh  komputer LAN (Local Area Network), sparepart  komputer baik yang terhubung dengan jaringan komputer maupun tidak. Jumlah komputer jaringan mencapai 300 unit lebih. ITIKOM mengelola kurang lebih 10 buah server.

Perangkat Lunak

Saat  ini  cukup  banyak  aplikasi  sistem yang sudah dikembangkan. Aplikasi tersebut diantaranya adalah :

  • Billing System
  • Inventori
  • Aplikasi Administrasi Surat Menyurat
  • Aplikasi Informasi Antrian

 

Telepon

Telepon  yang  berada  di  masing-masing  ruangan telah terhubung satu sama lain  yang  jumlah  sambungannya mencapai 320 buah. ITIKOM juga melayani perbaikan telepon.

Radio Komunikasi

Radio komunikasi rumah sakit dapat digunakan hampir di seluruh  wilayah  Jawa  Timur,  karena  dilakukan pemasangan antena repeater di Gunung Bromo dan di daerah Batu. Radio komunikasi saat ini  berjumlah   21 yang dioperasikan oleh pegawai RS yang telah ditunjuk.

Pembuatan Aplikasi Antrian

Pembuatan  aplikasi  antrian  yang  telah dipasang  di  Poli  Mata,  Poli  THT,  Poli Anak, Poli Obgyn yang berfungsi untuk memberikan   informasi   kepada   pasien yang telah terdaftar atau belum.

Aplikasi informasi IGD

Pembuatan aplikasi informasi IGD berfungsi untuk menampilkan status pasien agar keluarga pasien mengetahui tindakan yang diberikan kepada pasien.

Software e-Resep

Pembuatan software aplikasi e–resep berfungsi untuk mempercepat pelayanan dari  poli  ke  apotek  agar  mengurangi antrian obat

Copyright © 1995-, Humas RSUD Dr. Saiful Anwar, Malang | All Rights Reserved | HUMAS Staf IT.