Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa kami telah dapat menyelesaikan penyusunan buku profil Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar sebagai informasi yang dapat dimanfaatkan untuk gambaran umum RSUD Dr. Saiful Anwar Malang.

Awal berdirinya RSSA hanyalah rumah sakit militer milik KNIL (Koninklijke Nederlandsch-Indische Leger), dan sekarang menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama Tipe A milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur. RSSA selalu berusaha keras untuk meningkatkan mutu layanan, kemampuan manajemen dan sumber daya manusia, serta meningkatkan status akreditasi dari Akreditasi Paripurna KARS Versi 2012 menjadi Akreditasi SNARS Edisi I Internasional pada tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Arah pengembangan pelayanan RSSA memprioritaskan pelayanan kepada pasien secara terpadu, peningkatan kesehatan lingkungan, peningkatan mutu, pelayanan pendidikan dan penelitian, dan peningkatan kompetensi petugas. Bahkan, pada masa pandemi Covid 19 ini pun pelayanan kesehatan di RSSA tetap dapat dijalankan dengan mengutamakan keselamatan pasien dan tenaga kesehatan. Prosedur penerimaan pasien tentu saja mengalami perubahan termasuk penggunaan masker secara universal, prosedur skrining yang lebih ketat, pengaturan jadwal kunjungan, dan pembatasan pengunjung/ pendamping pasien, bahkan pemisahan pelayanan untuk pasien Covid 19 dan non Covid 19 juga telah dilaksanakan di RSSA dengan berdirinya Instalasi Pelayanan Covid dan Infeksi Terpadu. Dengan demikian masyarakat tidak perlu takut datang ke Rumah Sakit, karena RSUD Dr Saiful Anwar Malang sangat aman bagi masyarakat yang berkunjung untuk berobat.

Perkembangan RSSA yang telah dicapai selama ini dalam menghadapi berbagai tantangan termasuk Pandemi Covid 19 adalah hasil kerja keras dari semua pihak, khususnya tenaga medis, paramedis, tenaga non medis, serta masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada umumnya. Oleh karena itu, kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan baktinya untuk kemajuan RSSA.

Kami sangat mengharapkan dukungan semua pihak khususnya di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar untuk memberikan kritik dan saran terhadap buku profil ini yang disampaikan untuk membangun kerja sama yang baik

[table “19” not found /]

 

<<Download Profil Lengkap RSSA>>

2016 Staf HUKMAS - RSUD Dr. Saiful Anwar Malang